Selasa, 23 Februari 2010

Stereogram-stereographic-Stereoglyph-anaglyph-autosterogram-wiggle strereogram

STEREOGRAM

by: michael gumelar


Berfikir kreatif untuk dapat mengembangkan keilmua dan belajar ilmu baru (^_^)


- Ide Experiment harus menemukan suatu Inovasi yang benar-benar baru (vertical innovation/ invention)


- Ide experiment tidak harus menemukan sesuatu yang baru, tetapi dengan cara diversifikasi dalam bentuk, warna, ukuran, penggabungan, penyesuaian dengan keadaan pemakaian, dan lingkungan  yang berbeda sesuai kebutuhan (horizontal innovation)


- Memproyeksikan ide-ide tentang alat-alat apa yang kemungkinan besar akan ada dimasa depan.


Bagaimana caranya?

Dengan melihat penemuan-penemuan yang telah ada dimasa kini lalu memproyeksikannya lebih jauh kemasa depan, maka alat tersebut akan menjadi alat yang bagaimana? Lebih hebat?, lebih canggih, lebih ringan? Lebih murah?



- Ide bagaimana Membuat Alat lebih multifungsi (konvergensi/ hybrid/ sintesa)


Bagaimana caranya?

Dengan melihat alat-alat yang ada sekarang, lalu mnggabungkan (hybrid, sintesa, convergence) alat-alat yang ada menjadi satu (multifungsi)


- Ide bagaimana membuat suatu alat yang ada lebih murah, lebih hemat, lebih cepat, lebih efisien, lebih mudah, lebih nyaman dipakai (ergonomis)


Bagaimana caranya?

Dengan mencari alternative bahan yang lebih murah tetapi punya tujuan dan hasil sama atau bahkan lebih efektif.


- Ide bagaimana membuat suatu alat berfungsi sama tapi beda design, beda warna, beda ukuran, beda berat


Bagaimana caranya?
Dengan bentuk,ukuran dan warna  yang berbeda walaupun berfungsi sama, maka dapat mendongkrak penjualan.


- Ide bagaimana menggunakan bahan (medium) yang berbeda dengan alat yang sama


Bagaimana caranya?

Misalnya membuat Animasi Stop motion ada yang membuatnya dengan medium pasir hingga disebut dengan nama Sandanimation, bagaimana kalau memuat Stop Motion dengan medium kerikil kecil yang membentuk suatu bentuk animasi? Dapat disebut dengan nama stoneanimation?


- Ide bagaimana membuat/ menggunakan cara berbeda dengan hasil yang sama


Bagaimana caranya?

Biasanya ada lebih dari satu cara dalam membuat segala sesuatu tetapi dengan tujuan atau hasil sama, misalnya membuat pizza, ada yang dioven dan ada yang di pan


- Ide bagaimana menggunakan alat berbeda tapi tujuan sama (endingnya sama)


Bagaimana caranya?

Menggaris suatu garis lurus, tidak harus menggunakan penggaris, tetapi dapat juga menggunakan alat lain yang bukan penggaris, tetapi cukup lurus untuk dijadikan penggaris, misalnya pipa panjang, tepi buku yang lumayan tebal, dll.


-Ide bagaimana menggunakan alat seminim mungkin tetapi hasilnya sama atau bahkan lebih murah, lebih cepat dan lebih baik


Bagaimana caranya?

Dengan membuat miniature, misalnya ada sepeda besar, kita buat sepeda versi kecil secara miniature dengan kemampuan sama dan orang mengerti caranya, namun biaya yang dikeluarkan sangat kecil dibandingan membuat ukurannya dalam skala besar.


-          Memberi Motivasi dengan memberikan contoh sebagai analogi bahwa berexperiment diibaratkan orang buta, tetapi saat menyentuh sesuatu (ide/ tujuan/ goal), maka dia punya pegangan dan terus bergerak mengarah ke tujuan semula sampai berhasil.


-          Membentuk Kelompok atau Individual untuk ide-ide Experiment, serta anggota kelompoknya dan pembagian tugas individu dalam kelompok tersebut.


-          Menuangkan ide dalam bentuk konsep kasar, bisa berupa coretan gambar (sketch) ataupun tulisan-tulisan pendek (notes)


Stereogram


Intro: What is Stereogram?


Sterogram secara etimology (awal kata & bentukannya) dari kata Stereo = dua dan Gram atau Graph= gambar, jadi maksudnya, bagaimana membuat suatu gambar menjadi stereo. Atau pada umumnya disebut dengan “gambar yang memiliki kesan kedalaman (depth) yang seperti sesungguhnya di alam nyata”, lebih jelasnya lagi “Bagaimana membuat gambar 2D dibuat seolah-olah mempunyai kedalaman sehingga mampu menipu mata kita, hingga tampak menjadi seperti alam nyata (3D)”.


Mengapa hal ini dapat terjadi?

Manusia dan mahluk lain yang mempunyai 2 mata mempunyai kemampuan untuk mempersepsikan bentuk alam nyata lebih mendetail dan indah menurut persepsi manusia.


Mengapa begitu?. Sebab tiap mata kita mewakili salah satu sisi pandang dari sudut yang berbeda untuk satu obyek yang dilihat, contoh: pandang dosen menggunakan salah satu mata yang ditutup, terlihat sudut pandang mata tersebut, buka mata tersebut dan gentian ditutup, melihat obyek yang sama. Maka Mata yang terbuka akan melihat obyek yang sama dari sudut pandang yang berbeda.