Jumat, 20 Mei 2011

Pemerhati UFO Tak Yakin Crop Circle Buatan Alien



Author: Danny Richard          Editor: Tri WahonoDibaca: 33
  20/Mei/2011 | 15:08 WIB
Danny Richard
Michael Gumilar
GADING SERPONG. KOMPAS.com - Sejak beberapa bulan lalu, istilah crop circle sempat mengemuka di ruang publik di Tanah Air. Crop circle adalah lingkaran unik di lahan pertanian. Beberapa sempat ditemukan di Sleman, Bantul, Magelang, dan terakhir di daerah Bekasi.

Peneliti Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) yang sempat melakukan observasi di crop circle pertama di Sleman memastikan bahwa lingkaran misterius tersebut buatan manusia dilihat dari tanda-tanda seperti bekas lubang di tengah. Namun, sampai kini tidak diketahui siapa pembuatnya.
Beberapa pihak termasuk komunitas Beta UFO masih yakin crop circle tersebut jejak peninggalan UFO (Unidentified Flying Object). Hanya crop circle di Cikarang, Bekasi yang bisa dipastikan properti shooting. Namun, pemerhati UFO Michael Gumelar juga tak yakin beberapacrop circle lainnya buatan alien.
"Saya bisa pastikan bahwa crop circle yang ditemukan di Indonesia itu adalah tidak benar," ujar Michael Gumelar, yang juga dosen sekaligus Head-Visual Communication Design Department Universitas Multimedia Nusantara (UMN), kepada KOMPAS.com, Kamis (19/5/2011).
Menurutnya ada beberapa indikator yang menunjukkan ketidakaslian crop circle ini. Pertama adalah bentuk ilalang dan tanaman yang merunduk dan datar, setelah bentukan tersebut. Nah, jika memang itu adalah asli jejak UFO, maka di antara ilalang dan tanaman itu pasti bentuknyabended alias membengkok.
"Tidak rata dan jatuh semua ilalangnya. Dari situ, terlihat bahwa itu adalah rekayasa," tambahnya. Biarpun begitu, Pak Gum sapannya, mengatakan bahwa tetap ada Crop Circle yang asli dan pernah ditemukan. "Pernah itu ditemukan di daratan Inggris Raya atau Eropa, dan itu asli jejak UFO," katanya lagi.
Di crop circle asli, terdapat gaya magnetik yang melekat pada setiap ilalang atau tanamannya. "Kalau di crop circle asli, kita taruh gandum akan melekat dan menempel secara otomatis. Artinya di situ ada gaya magnet," bebernya.
Nah, yang dilihat Pak Gum di Sleman, Bantul, dan Cirebon adalah 'hoax', karena tidak ada indikator yang mengarah kepada autentisitas crop circle tersebut. Dan satu lagi, keganjilannya yang terasa adalah di saat seseorang berani mengklaim bahwa Crop Circle itu dibuat dalam semalam.
"Lho, emang siapa yang tahu ada disitu UFO dalam semalam?, kalau orang mengklaim bahwa itu dikatakan Crop Circle itu dibentuk dalam semalam. Saya berani bilang, bahwa yang membuat dan merekayasa crop circle itu ya dia sendiri," ulasnya lagi.
Crop circle yang berada di tanah air, memang sempat menggemparkan warga. Insan media, wartawan, dan warga sekitar ikut meliput dan melihat. Bahkan petugas kepolisian juga ikut terlibat dengan memberikan police line di sekitaran crop circle. Namun, mudah-mudahan dengan penjelasan ini, mata warga dan masyarakat luas dapat semakin terbuka.

==============
ini tambahan dan revisi dari saya pribadi:
1. Crop Circles bukan jejak pesawat alien/ UFO yang mendarat.
2. Crop Circles yang aslinya, batang ilalang atau sejenisnya akan membengkok (bending stalk) secara merata dan bukan rebah.
3. Crop Circles yang asli, yang terjadi pada ladang gandum, maka biasanya gandum yang ada di area crop circles tersebut bila di dekatkan dengan magnet, akan menempel, tetapi gandum atau padi tersebut tidak hancur, tetap utuh.
4. Crop Circles bukan tentang UFO ada disana semalam lalu terjadi crop cirlces, tetapi siapa yang tahu bahwa pembuatannya hanya semalam? sebab yang asli tidak perlu semalam, beberapa detik saja dapat terjadi, bila bilang crop circles itu dibuat semalam, berarti ada yang mengklaim pembuatannya dalam semalam, berarti ada yang tahu prosesnya dan mengerti betul berapa lama pembuatannya, dari situ jelas terindikasi secara implisit ada yang membuatnya, yaitu manusia.
5. Bila ini terjadi terus menerus karena hanya agar orang lain percaya adanya ufo dan alien, sebaiknya hentikan, sebab tidak ada gunanya, biar pesawat Alien (UFO) nongol langsung tanpa membuat Crop Circles dan atau muncul namun membuat crop circles tidak sembunyi-sembunyi, sebab ada banyak cara untuk berkomunikasi dengan resmi dan normal, seperti audio, video atau bahkan datang langsung dan berkomunikasi ke pemerintahan kecil yang di desa, yaitu Pak Kades atau Pak Camat, kalo kurang besar, bisa ke Kepala negara,  dan untuk teman-teman Polisi dan penegak hukum, kejar saja pelaku pembuat Crop Circles ini, tetapi dengan syarat Pak Taninya membuat laporan tentang kerugian yang ditimbulkannya, Hidup teman-teman Polisi (^_^).

6.Beta UFO biarkan dengan pemahamannya sendiri, dan saya secara pribadi juga punya pemahamannya sendiri pula, tidak perlu dicari siapa yang benar dan siapa yang salah, semua punya tujuan dan tugas masing-masing, setiap insan boleh berbeda pendapat, bukankah disitulah letak keindahannya (^_^).

Tidak ada komentar: