Minggu, 23 Maret 2014

Surya-Mutasi Spontan - Vol. 1. Kritis

Membuat comic di negara kita Indonesia membutuhkan tantangan tersendiri. Semoga dengan mengusung aliran realis yang netral dapat mendongkrak popularitas dan perlahan juga penjualan. Vol 1 dengan judul Kritis, dari rencana 3 volume yaitu Vol. 2 Melangkah, dan Vol 3: Mestakung dari Seri Mutasi Spontan dengan judul utama Surya ini semoga berhasil seperti yang diharapkan.

Dalam jangka waktu ke depan seri ini juga akan dibuat dalam bahasa Inggris, sehingga bila di dalam negeri belum juga menandakan perbaikan dari segi popularitas dan penjualan baik secara pre order untuk print maupun format digitalnya, maka pasar internasional merupakan pilihan yang... mungkin mereka lebih menghargai karya orang kita... bila di dalam negeri sendiri tidak dihargai, dimana hal ini tentu sangat ironis.

Berkarya dengan sungguh-sungguh dan semaksimal mungkin, semoga akan mengubah mindset dari penggemar comic dari Jepang (manga) dan comic dari negeri USA, UK dan Eropa lainnya. Semoga usaha ini membuahkan hasil yang disukai.

Cover Surya-Mutasi Spontan: Vol.1 Kritis ini mengambil adegan sesuai dengan Comic Script dari Novel dengan judul yang sama yaitu: Surya-Mutasi Spontan.

 Draft Cover © 2014 - essence.surya@gmail.com oleh ms.gumelar@gmail.com


Finish Cover © 2014 - essence.surya@gmail.com oleh ms.gumelar@gmail.com

Semoga perjuangan berusaha bangkit comic dengan mengambil aliran yang netral yaitu realis ini akan membawa semangat cinta pada comic buatan dalam negeri ditengah meluruknya comic dari Jepang, Korea, RRC, USA. UK dan Eropa ini. Surya University melalui Essence berkarya untuk Indonesia Jaya.

SEMANGAT! KITA PASTI BISA!
 

Minggu, 16 Maret 2014

Surya University: Workshop Jurnalistik & Digital Publishing – MAN Parungpanjang 2014


Tangerang, Banten, Sabtu 15 Maret 2014. Siswa-siswa MAN Parungpanjang Bogor mengikuti workshop “Jurnalistik & Digital Publishing 2014” di Surya University. Hal ini dikarenakan MAN Parungpanjang memiliki jurusan Jurnalistik dan Surya University juga memiliki Program Studi Digital Communication.

Rombongan peserta workshop ini dipimpin oleh Bu Jubaedah sebagai pembina Jurnalistik dari MAN Parungpanjang. Setelah tour sebentar area di Surya University.  Acara dibuka oleh Denny tim marketing dari Surya University menerangkan tentang Surya University dan beberapa Program studi yang ada di Surya University.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan acara ke inti yaitu Jurnalistik dan Digital Publishing. Pembicaranya adalah M.S Gumelar.  Dewasa ini materi Jurnalistik sangat dekat dengan Digital Publishing.  Dengan memberikan materi bagaimana menjadi seorang jurnalis dengan memahami prinsip-prinsip dan kode etik jurnalistik sangat dibutuhkan bila seseorang bercita-cita menjadi seorang wartawan (journalist), baik media cetak, ataupun media analog seperti radio dan TV, juga untuk media baru seperti internet.



Materi jurnalistik ini dimulai dengan teori dalam bidang jurnalistik. Lalu setelah mendapatkan teori dasar sebagai bekal. Workshop dilanjutkan dengan membuat laporan berita. Siswa-siswa MAN Parungpanjang praktek menggunakan komputer untuk menuliskan laporan atau sekedar membuat tulisan yang menarik secara seni.

Setelah membuat laporan dan tulisan yang menarik. Workshop dilanjutkan dengan membuat bulletin, ataupun majalah dalam versi jurnalistik untuk pemula. Naskah yang telah ditulis sebelumnya, kini diinputkan kedalam suatu desain untuk membuat bulletin atau pun majalah sekolah.

Dalam tahap ini namanya menjadi Digital Publishing. Siswa-siswa diajari bagaimana input naskah, input citra agar disusun menjadi desain sesuai kebutuhan sekolah. Setelah workshop membuat isi dari bulletin selesai.

Selanjutnya membuat cover. Cover ini harus menarik karena sebagai daya tarik utama suatu majalah menjadi perhatian calon pembaca. Dengan memberikan cover yang menarik, maka orang tertarik juga untuk membaca artikel yang ada di dalam media cetak tersebut.

Setelah membuat cover majalah selesai. Maka distribusi bulletin ataupun majalah dapat dilakukan secara digital dalam format PDF. Hal ini jauh lebih murah daripada cara lama yang mencetak dalam bentuk kertas. Tetapi mencetak dengan cara lama dapat dilakukan dengan cara pre order atau mencetak berdasarkan pesanan (Print On Demmand).

Materi Jurnalistik dan Digital Publishing ini diberikan sekitar 3 jam dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Kemudian acara ditutup dengan menukar souvenir dari MAN Parungpanjang di wakili oleh Bu Jubaedah selaku Pembina Jurnalistik MAN Parungpanjang dengan M.S. Gumelar selaku wakil dari Essence Studio di bawah Surya University.

Acara dilanjutkan dengan tambahan info dari Tim IT yang diwakili oleh Henggar tentang beberapa center yang ada di Surya University, salah satunya adalah Essence Studio yang mendukung acara Workshop Jurnalistik & Digital Publishing ini. Dan juga disampaikan pula ada beasiswa dari Surya University bagi para siswa, beasiswa untuk kuliah di Surya University juga di-support oleh Tempo di-link berikut: http://www.tempo.co/surya/ atau di: http://www.surya.ac.id/news-detail.php?id=193&title=Beasiswa.Tempo.2014

Dan juga di-support oleh Dahlan Iskan di link berikut:

Setelah itu acara dilanjutkan makan siang dan photo-photo bersama. Siswa-siswa bergembira, dan kami sampaikan pula sampai ketemu lagi dilain workshop (g).

*Kami menerima proposal untuk Workshop jurnalistik, menulis novel, menulis script untuk comic, TV dan layar lebar, digital publishing, photography, videography, animasi untuk TV dan layar lebar dan cinematography gratis kontak email berikut: ribuan-animasi@surya.ac.id